MAKALAH
KONSEP DASAR KEPEMIMPINAN
PENDIDIKAN
Makalah ini disusun guna
memenuhi tugas mata kuliah Manajemen SDM dan Kepemimpinan pendidikan
Dosen pengampu : Drs.
Misbah Ulmunir, M.Si
Disusun oleh :
Sahrul Ramadhan (12490102)
Abdau Qur’ani Habib (12490128)
Suryo Hendro Wiyono
(12490109)
Budi Santoso (12490029)
Zuchron (12490013)
JURUSAN MANAJEMEN
PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN
KEGURUAN
UIN SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2013
KATA PENGANTAR
Atas berkat rahmat Allah SWT, maka kami kelompok
IX mata kuliah manajemen pendidikan dapat menyusun dan menyelesaikan makalah
mengenai materi perkuliahan untuk pertemuan yang ke 15 mengenai
dasar-dasar kepemimpinan dalam pendidikan.
Maksud penulisan makalah ini adalah sebagai
salah satu tugas perkuliahan mata kuliah manajemen pendidikan yang
diselenggarakan di semester III ini.
Dengan selesainya penulisan makalah ini,
rekan-rekan kelompok IX mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada
pihak-pihak yang membantu dalam proses penyusunan makalah ini.
. Hanya
doa kepada Allah SWT sebagai rasa syukur atas anugrah yang kami terima. Dan
penulis harap karya ini dapat membawa manfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan
bagimasyarakat.
Akhir kata tiada gading yang tak retak, tiada
karya dan karsa yang sempurna sehingga saran dan kritik yang membangun, akan
penulis terima demi kesempurnaan makalah ini. Dan semoga segala amal kita
selalu dapat diterima dan diridhoi-Nya.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...................................................................................................... 1
DAFTAR ISI..................................................................................................................... 2
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................. 3
A.Latar belakang .................................................................................................................. 3
B.Rumusan masalah .............................................................................................................. 3
C.Tujuan .......................................................................................................................... 3
BAB II PEMBAHASAN.................................................................................................. 4
A.Definisi Kepemimpinan...................................................................................................... 4
B.Konsep Dasar Kepemimpinan............................................................................................ 5
C.Fungsi Dan Peran Kepemimpinan....................................................................................... 6
D.Ciri-Ciri Kepemimpinan dan Tipe Pemimpin....................................................................... 7
E.Tugas Kepemimpinan......................................................................................................... 8
BAB III PENUTUP.......................................................................................................... 10
A.Kesimpulan....................................................................................................................... 10
B.Saran dan Kritik................................................................................................................ 10
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan merupakan sebuah proses transfer
pengetahuan,budaya dan nilai-nilai moral. Pendidikan sangatlah penting untuk di
pelajari, karena dengan pendidikan seseorangakan lebih tahu mendalam tentang
kebermaknaan hidup.
Dalam proses pendidikan tidak dapat terlepas
dari aturan-aturan yang berlaku, makadari itu dibutuhkan pengaturan pengaturan
dalam proses pendidikan. Untuk mendukungsistem tersebut maka kita perlu
memahami serta harus mempunyai dasar-dasarkepemimpinan.
Selanjutnya pemahaman mengenai kepemimpinan
secara global kita coba aplikasikandalam ranah pendidikan guna mendukung
tercapainya tujuan pendidikan yang selama ini kita cita-citakan.
B.
Rumusan Masalah
Dengan memperhatikan latar belakang masalah di
atas, dalam penelitian ini dirumuskan
permasalahan sebagai berikut :
1.
Apa pengertian
kepemimpinan?
2.
Konsep dasar
kepemimpinan?
3.
Fungsi dan
peran kepemimpinan?
4.
Apa ciri-ciri
kepemimpinan dan tipe pemimpin?
5. Apa tugas kepemimpinan?
C.
Tujuan
1.
Tujuan Umum
Pembuatan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Manajemen SDM dan Kepemimpinan Pendidikan
2.
Tujuan Khusus Pembuatan
makalah ini dimaksudkan untuk :
·
Dosen dapat
mengefisiensikan waktu dalam pemberian materi secara tepat guna.
·
Dosen dapat
melakukan pembinaan materi tugas saat dikerjakan danmengevaluasi ketika dipresentasikan.
·
Agar kita dapat
mengetahui tentang dasar-dasar kepemimpinan pendidikan.
·
Agar mahasiswa
dapat mencapai dan menunjang tujuan pembelajaran secara optimal.
·
Serta mahasiswa
dapat memanfaatkannya menjadi bekal ilmu ketika telah terjunpada
sekolah-sekolah di kemudian hari.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Definisi
Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah hubungan antar orang,
dimana pemimpin mempengaruhi orang lain ke arah kemauan bersama dalam
hubungannya dengan tugas-tugas untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan
pemimpin. Kepemimpinan sangat menentukan keberhasilan atas manajemen,dan lebih
dari itu adalah menentukan keberhasilan administrasi. ini berarti bahwa akan
menentukan tercapainya atau tidaknya tujuan.
Kepemimpinan
adalah kemampuan dan kesiapan yang dimiliki seseorang untuk dapat
mempengaruhi,mengajak,menuntun, menggerakan dan kalau perlu memaksa orang lain
agar ia menerima pengaruh itu, selanjutnya berbuat sesuatu yang dapat membantu
pencapaian suatu maksud atau tujuan tertentu.[1]
Kepemimpinan adalah sebuah proses dimana
sesorang tidak memperoleh pengikut karena status. Kemampuan seorang pemimpin
dibuktikan pertama dari bagaimana dia mampu meyakinkan orang-orang yang
dipimpinya untuk memahami visi dan misi organisasi untuk kemudian mau
bersama-sama mengupayakan tujuan organisasi tersebut.
Seorang pemimpin berbeda dengan manajer.
Pemimpin mempunyai kekuasaan atas pengikutnya bukan karena jabatannya tetapi
karena kemampuan personality. Sikap, tingkah laku yang kemudian memunculkan
wibawa. Sedangkan manajer memiliki kekuasaan karena jabatan yang
dimilikinya. Dia bisa memberi komando karena struktur dan birokrasi, tetapi saat
dia sudah tidak lagi menjabat maka tidak satupun "bekas" bawahanya
mau dia perintah.
Perbedaan mendasar antara pemimpin dan manajer
adalah dari pola pikir dan cara bekerja. Seorang pemimpin memiliki visi jauh
kedepan, sanggup mengadopsi perubahan
sedangkan manajer berfikir untuk jangka pendek.
Dalam melaksanakan pekerjaanya pemimpin sangat fleksibel dan tidak kaku
sedangkan manajer melakukan apa yang telahdigariskan, kaku dan enggan berubah.[2]
Pemimpin inilah yang mendorong dan menggerakan
orang lain agar mau bekerja sama mencapai tujuan yang telah ditentukan. Fungsi
ini penting, sebab bagaimana pun juga baiknya perencanaan, tertibnya organisasi
dan tepatnya penempatan orang dalam organisasi,belum berarti menjamin geraknya
organisasi menuju sasaran dan tujuan. untuk itu diperlukan kecakapan, keulatan,
pengalaman dan kesabaran.
Kemampuan untuk mempengaruhi dan menggerakan
orang lain guna mencapai tujuan tertentu ini disebut Kepemimpinan atau
leadership. Kepemimpinan sangat menentukan keberhasilan atas manajemen, dan lebih
dari itu adalah menentukan keberhasilan administrasi. ini berarti bahwa akan
menentukan tercapainya atau tidaknya tujuan.[3]
Dalam menggerakkan orang lain kita harus ingat
empat faktor yaitu:Pertama, Kepemimpinan : kemampuan seseorang untuk mempengaruhi
serta menggiatkan orang lain bekerja sama dalam usaha mencapai tujuan. Kedua,
Komunikasi : cara dan media penyampain pesan. Ketiga, Instruksi : perintah atau
petunjuk kerja yang jelas, tagas,tampak arahnya, jelas bagaimana jalan
pelaksanaannya. Dan keempat, Fasilitas :kemudahan
yang menyebabkan pekerjaan mudah dilaksanakan.
B.
Konsep Dasar
Kepemimpinan
1.
Kepemimpinan
merupakan suatu aktivitas
2.
Kepemimpinan
mengandung konsep pengaruh dimana pengikutnya mentaati,mengikuti atau
melaksanakan apa yanng dikehendaki pemimpinnya.
3.
Dalam konsep
kepemimpinan terkandung dua pelaku, yaitu pemimpin disatupihak, dan pengikut
dipihak lain
4.
Kepemimpinan
merupakan proses mencapai tujuan untuk mendapatkan hasil
5.
Merupakan
proses mengarahkan anggota agar memiliki kesadaran dantanggungjawab akan tugas organisasi
6.
Dalam fungsi
kepemimpinan selalu berada dalam variabel situasional.[4]
·
Asas
Kepemimpinan
1)
Ke Tuhanan Yang Maha Esa ( Keyakinan agama yang kuat, taat menjalankan kewajiban agama
)
2)
Ing ngarsa sung
tuladha ( menjadi teladan bagi anggotanya )
3)
Ing madya
mangun karso ( memberi motivasi, mengugah semangat anggotanya )
4)
Tut wuri
handayani (memberi pengaruh yang baik dan mendorong anggotanmya untuk maju|)
5)
Waspada purba
wisesa (mengawasi dan mengoreksi anggotanya )
6)
Ambeg parama
arta ( mampu memilih dan memprioritaskan pekerjaan ataukeputusan )
7)
Prasaja (
Tingkah laku dan cara hidup yang sederhana )
8)
Setya ( sikap
loyal terhadap pimpinan, anggota dan sesama rekan )
9)
Hemat dan
terbuka ( kesadaran dan kemampuan menggunakan secara tepat tenaga, waktu, harta
dan kemauan, kerelaan, berani untuk mempertanggungjawabkan sikap dan
tindakan dan berani menerima kritik )
10)
Pewaris (kemauan,
keikhlasan untuk pada saatnya menyerahkan tugas dantanggungjawab serta
kedudukan kepada generasi berikutnya )
C.
Fungsi dan
Peran Kepemimpinan
o Memupuk dan memelihara kesediaan kerjasama
didalam kelompok.
o Member dorongan kepada setiap anggota untuk
melahirkan peranan,pikiran,dan berguna dalam pemecahan masalah.[5]
o Koordinator Perencana kegiatan
o Pengambil keputusan
o Tenaga ahli yang secara aktual berperan sebagai
sumber informasi dan pengetahuan bagi kelompoknya
o Berperan sebagai arbitrasi dan mediator dalam
menyelesaikan konflik atau perbedaan
pendapat
o Berperan sebagai teladan
o Berperan sebagai simbol dan identitas
kelompok
o Berperan sebagai pembenar.
D.
Ciri-ciri
Kepemimpinan dan Tipe Pemimpin
1.
Ciri-ciri
Kepemimpinan:
Ø Self-confidence
Ø A vision
Ø Mampu menjelaskan secara gamblang
Ø Memiliki komitmen yang kuat
Ø Sangat tanggap terhadap masalah-masalah dan
tantangan lingkungan.[6]
2.
Tipe Pemimpin:
1)
Pemimpin
Konvensional
Anda tentu
pernah mendengar ada sebutan "Tokoh Masyarakat" Mereka tidak pernah
diangkat secara formal tetapi diakui sebagai pimpinan dalam kelompoknya.
Perkataanya didengar, Pemikiranya dijadikan rujukan.Pemimpin seperti ini
biasanya dianggap sebagai panutan kerena "kelebihan" yang mereka
miliki baik secara Ilmu, fisik atau derajat social. Biasanya konsep seperti ini ada pada masyarakat
tradisional atau pousetradisonal.[7]
2)
Pemimpin Secara
ilmiah
Pemimpin secara ilmiah terbagi dalam 6 jenis
kepemimpinan yaitu:
a)
Kepemimpinan
pribadi /personal leadership yaitu tipe seorang pemimpin yang selalu mengadakan
hubungan langsung dengan anggotanya
b)
Kepemimpinan
non pribadi / non personal leadership yaitu kebalikan tipe kepemimpinan
pribadi, tetapi melalui jenjang / hierarchie organisasi yangsudah ditentukan.
c)
Kepemimpinan
otoriter yaitu tipe pemimpin yang menanggap kepemimpinan adalah hak pribadinya,
orang lain tidak ikut campur sehingga setiap perintahnya tidak perlu mendapat
konsultasi dari pengikut –pengikutnya. pemimpin berkuasa penuh, para pengikut
tidak mendapat kesempatan mengemukakan pendapat.
d)
Kepemimpinan
yang demokratis, yaitu tipe pemimpin yang selalu menerimadan menghargai saran,
pendapat, nasihat dari pengikutnya.
e)
Kepemimpinan
yang kebapaan / paternalistis, yaitu tipe pemimpin yang bertindak sebagai
ayah,pengasuh,pembimbing dan pelindung dari pengikut-pengikutnya. kelemahannya
adalah sulit memberikan kepercayaan/tanggung jawab secara penuh dan ada
rasa khawatir tidak berhasil.
f)
Kepemimpinan
bebas,apa maunya/ laissez faire, yaitu tipe kepemimpinan yang menonjolkan
kebebasan, artinya pemimpin kurang menonjol dalam pemimpin pengikutnya dan
diserahkan sepenuhnya kepada pengikutnyauntuk memecahkan persoalan dan tanggungjawabnya.menyerahkan
sepenuhnya kepada bawahannya.
g)
Kepemimpinan
bebas,apa maunya/ laissez faire, yaitu tipe kepemimpinanyang menonjolkan
kebebasan, artinya pemimpin kurang menonjol dalampemimpin pengikutnya dan
diserahkan sepenuhnya kepada pengikutnyauntuk memecahkan persoalan dan
tanggungjawabnya.menyerahkansepenuhnya
kepada bawahannya.
3)
Kelebihan –
kelebihan yang perlu di miliki sebagai seorang Pemimpin:
a.
Kelebihan
rokhaniah atau ahklak seperti jujur, adil, percaya diri sendiri,ramah, dapat
dipercaya bijaksana, kuat keyakinan beragamanya, sederhana,berjiwa besar,
berbudi luhur, berani,dll.
b.
Kelebihan
jasmani seperti berbadan kuat, sehat, terampil, tangkas, dll.
c.
Kelebihan
penggunaan nalar/ ratio yaitu cerdas, pandai, luas pandangannya mampu melihat kedepan,
inisiatif, kretif, lancar berbicara,dll.
d.
Mempunyai
dedikasi yang tinggi terhadap tugas – tugasnya. Punya kemampuan dan loyal
kepada pekerjaan. Profesional dalam segala hal,inovatif dalam gagasan, selalu
menjadi contoh teladan yang baik, disiplin,komitmen dan jujur.
E.
Tugas
Kepemimpinan
Tugas dan
tanggung jawab pemimpin
o
Membentuk atau
membangun suatu unit organisasi yang produktif.
o
Memberikan
sumber-sumber yang memadai untuk
mengefektifkan anggotanya.[8]
o
Mengantarkan
atau mengarahkan yaitu; mempengaruhi dan membawa anggotanya kearah tujuan atau
cita-cita yang sudah ditetapkan.
o
Mengetahui
artinya menempatkan diri sebagai orang yang dituakan, diandalkan dan mendapat
kepercayaan dari anggotanya untuk mengambil keputusan.
o
Mempelopori
atau merintis yaitu menjadi pelopor,memberi contoh/teladanuntukditiru.
o
Memberi
petunjuk, nasihat, petua agar pengikut-pengikutnya bersikap danbertindak benar.
o
Memberi
bimbingan agar pengikut – pengikutnya maju dalam usaha/pekerjaannya,tidak putus
asa dan berani bertindak.
o
Membina guna
meningkatkan pengetahuan dan ketermapilan anggotanya.
Empat tanggung
jawab seorang pemimpin
1.
Pada Tuhan Yang Maha Esa
2.
Pada diri
sendiri dan orang lain
3.
Pada masyarakat
4.
Pada bangsa dan
Negara
Cakupan dan
Tugas Kepemimpinan Pendidikan (Bush & Coleman (2000):
·
Mengelola
implementasi kurikulum dan pengajaran, meliputi pengembangan materi
pembelajaran, pengorganisasian siswa, penentuan alokasi waktu pembelajaran, dan
menstimulasi pengembangan kurikulum
·
Melakukan
supervisi pendidikan
·
Melakukan pemantauan
kamajuan belajar siswa
·
Penyediaan
iklim belajar yang kondusif.[9]
Tugas
Fungsional:
v Meningkatkan kualitas pembelajaran, meliputi
program pembelajaran & perumusan metode pembelajaran yang dipilih
v Melakukan supervisi dan evaluasi pendidikan
v Merencanakan alokasi waktu pebelajaran
v Mengkoordinasikan pengembangan dan implementasi
kurikulum dan proses pembelajaran
v Mengembangkan dan meningkatkan kuantitas dan
kualitas materi pembelajaran
v Melakukan pemantauan kemajuan belajar siswa.
Adapun
beberapa usaha dalam membantu pertumbuhan dan pengembangan kepemimpinan
pendidikan antara lain :
o
Selalu peka dan
peduli terhadap tuntutan kemanusiaan dan kepekaan sosial,sehingga dapat
menyesuaikan diri dengan anggota atau masyarakat sekitar.
o
Selalu ada
kesediaan untuk memperoleh pengetahuan dan informasi yang baru.[10]
Maka oleh
karena itu, sumber daya manusia haruslah diprioritaskan oleh setiap
orang,elemen,lembaga dan yang lainnya. Terutama dalam ruang lingkup
kepemimpinan pendidikan, agar terciptanya kesinergian antara pendidik dan
peserta didik atau masyarakat dengan pejabat.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Kepemimpinan adalah hubungan antar orang,
dimana pemimpin mempengaruhi oranglain ke arah kemauan bersama dalam
hubungannya dengan tugas-tugas untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan
pemimpin.
Kepemimpinan sangat menentukan keberhasilan
atas manajemen, dan lebih dari itu adalah menentukan keberhasilan administrasi.
ini berarti bahwa akan menentukan tercapainya atau tidaknya tujuan.
B.
Saran dan Kritik
Demikian
makalah ini dibuat, jika terdapat banyak kekurangan dan kesalahan pada makalah
ini kami menyatakan mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Kritik dan saran kami
harapkan guna mengoreksi kesalahan yang ada dimakalah ini agar kedepannya
menjadi lebih baik lagi.
DAFTAR PUSTAKA
Sahertian, Piet A. 2008. Konsep Dasar
& Teknik Supervisi
Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Soemanto,
Wasty.
1982. Kepemimpinan
Dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
Soetopo, Hendiyat.
1982. Kepemimpinan
Dan Supervisi
Pendidikan. Malang: Bina
Aksara
Rohmat.
2010. Kepemimpinan
Pendidikan Konsep dan Aplikasi. Purwokerto: STAIN Press
[2] http://www.scribd.com/doc/98151057/Makalah-Dasar-Dasar-Kepemimpinan
[3] http://www.scribd.com/doc/98151057/Makalah-Dasar-Dasar-Kepemimpinan
[6] http://www.scribd.com/doc/98151057/Makalah-Dasar-Dasar-Kepemimpinan
[7] http://www.scribd.com/doc/98151057/Makalah-Dasar-Dasar-Kepemimpinan
[9] http://www.scribd.com/doc/98151057/Makalah-Dasar-Dasar-Kepemimpinan
[10] Piet A. Sahertian, Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2008), hlm. 12

No comments:
Post a Comment